Selasa, 30 Oktober 2012

RPP Kelas 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                          :  
Mata Pelajaran               :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester              :   VI / 1
Materi Pokok                  :   Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu                             :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                           :   Ceramah

A.     Standar Kompetensi          :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

C.     Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o   Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
-       Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-       Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-       Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-       Punuk pada unta.
-       Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-       Semburan air ikan pemanah.
-       Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).

& Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.     Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.

E.      Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
o   Buku atau majalah
F.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1

1.       Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
2.       Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
F Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-    Memancarkan bunyi dari mulutnya,
-    bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
-    selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
F Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-    Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
F Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
3.       Penutup
o   Memberikan kesimpulan
-   Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
-   Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
-   Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.


(5 menit)
4.       Pekerjaan Rumah
o   Tugas PR


Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mempelajari Punuk pada unta.
-    Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
-    Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
-    Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
F Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-    Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
-    Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
F Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
-    Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
F Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
-    Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
F Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan :
-   Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
-   Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
-   Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
o   Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas




G.     Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o  Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
Tugas Individu



Laporan





o  Sebutkanlah contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o  Jelaskanlah cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)






FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







 
 CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        , ......................20...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Sekolah                                                        Guru Mapel IPA



                                                                                       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar